Kamis, 05 April 2012

Seberapa Penting Sih Pendidikan Anak Pra Sekolah...? :)


Kelompok :

Nenita Sari S G (11-069)

Wahyu Habibie (11-075)

Ahmad Khalid (11--079)


     Anak prasekolah adalah mereka yang berusia antara tiga sampai enam tahun (Patmonodewo, 1995). Anak prasekolah adalah pribadi yang mempunyai berbagai macam potensi. Potensi-potensi itu dirangsang dan dikembangkan agar pribadi anak tersebut berkembang secara optimal.Tertunda atau terhambatnya pengembangan potensi-potensi itu akan mengakibatkan timbulnya masalah. Masa prasekolah menurut Munandar (1992) merupakan masa-masa untuk bermain dan mulai memasuki taman kanak- kanak. Waktu bermain merupakan sarana untuk tumbuh dalam lingkungan dan kesiapannya dalam belajar formal (Gunarsa, 2004). Pada tahap perkembangan anak usia prasekolah ini, anak mulai menguasai berbagai ketrampilan fisik, bahasa, dan anak pun mulai memiliki rasa percaya diri untuk mengeksplorasi kemandiriannya (Hurlock, 1997).Pendidikan pra sekolah adalah pendidikan yang diberikan kepada anak-anak balita sebelum masuk sekolah taman kanak-kanak atau pendidikan dasar pertama yaitu sekolah dasar (SD).
     Sistem pendidikan pra sekolah ini pertama kali dikenal oleh masyarakat ketika mereka mulai menyadari arti pentingnya mendidik anak sejak dini.Sehingga penyelenggaraannya juga lebih sering dilakukan oleh masyarakat sendiri melalui berbagai macam organisasi seperti PKK atau Lembaga Swadaya Masyarakat lain yang bergerak di bidang pendidikan.Adapun tujuan utama dari pendidikan pra sekolah adalah untuk mengembangkan tingkat kecerdasan dan mental baik secara fisik dan rohani, serta membentuk karakter anak agar bisa mengatur perasaan emosi serta punya jiwa sosial yang tinggi. Sehingga ketika mereka masuk pada tingkat pendidikan dasar pertama, anak-anak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan lebih mandiri.
     Di Indonesia sendiri, sudah terdapat beberapa lembaga pendidikan aanak prasekolah diantaranya adalah Play Group dan Taman Kanak-kanak. Play Group merupakan sarana yang disediakan bagi anak-anak yang berusia 3-4 tahun. dan Taman Kanak-kanak (TK) biasanya disediakan untuk anak dengan umur antara 4-6 tahun. Pendidikan anak pra sekolah sebenarnya memiliki beberapa kelebihan yang dapat semakin mempercepat perkembangan si anak tersebut. Beberapa kelebihan tersebut dapat ditinjau dari aspek :

ASPEK SOSIAL

      Anak-anak juga seperti manusia lainnya yang merupakan makhluk sosial. Mereka juga membutuhkan orang lain dan ingin bersama-sam dengan orang lain. Anak-anak pada umumnya sangat senang dalam hal bermain, karena dengan cara tersebut mereka dapat berkomunikasi dan berhubungan dengan teman-teman mereka. Dan anak-anak juga akan merasa senang jika mereka mempunyai banyak teman bermain.Oleh karena itu, Pendidikan Anak Pra Sekolah memberikan sarana akan hal tersebut. Dengan memasukkan anak-anak ke dalam Play Group dan Taman Kanak-kanak, mereka secara alami akan semakin banyak memiliki teman. Karena di sana mereka juga akan bermain dan saling bekerja sama dengan teman-teman mereka. Dan jika mereka dapat menjalin hubungan pertemanan dengan cukup baik, anak-anak juga akan semakin memiliki kemampuan sosial dan beradaptasi dengan lingkungannya.

ASPEK EMOSIONAL

Anak-anak di dalam masa perkembangannya terkadang memiliki pertumbuhan emosi yang belum dapat terkendali dengan baik. Mereka juga terkadang dapat berbuat dengan sesuka hati mereka.Oleh sebab itu. anak-anak pada usia pra sekolah perlu untuk mendapatkan pendidikan Play Group dan TK. Karena dengan cara tersebut, anak-anak dapat mengolah ekspresi dari emosi dirinyaa kedalam lingkungan prasekolahnya.Emosi anak-anak akan berkembang karena dia juga akan berhubungaan dengan temannya, sehingga ia akan terlatih dalam menghadapi sikap teman-temannya tersebut. Emosi anak-anak akan dapat mengalami perkembangan dengan baik jika anak tersebut diberikan kasih sayang dan bimbingan yang cukup oleh orangtua, guru TK, maupun lingkungannya. Namun sebaliknya jika dalam tahap perkembangan emosional anak-anak ini, anak-anak justru dibatasi untuk mengekspresikan emosinya.Hal tersebut dapat berdampak pada emosinya kelak.Ia mungkin akan menjadi kurang percaya diri ataupun ragu-ragu dalam menyampaikan pendapatnya.

ASPEK FISIK

Anak-anak dengan usia 5 tahun pertama merupakan masa-masa emas dalam kehidupannya.Artinya bahwa pada tahap 5 tahun pertama inilah, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat.Pertumbuhan fisiknya juga mengalami kemajuan yang pesat.Begitu juga dengan perkembangan kognitif dan bahasanya.Oleh karena itulah,anak-anak yang sedang berada pada usia prasekolah ini harus dikembangkan dengan sebaik mungkin.Antara lain dengan cara mengikutkan mereka kedalam program pendidikan anak prasekolah.Karena kualitas tumbuh kembang anak pada masa ini akan menentukan kualitas fisik,mental,emosional,sosial,kemampuan belajar,dan perilaku sepanjang hidupnya.

ASPEK KOGNITIF

      Anak-anak yang berada pada usia 5 tahun pertama secara normal akan mengalami perkembangan kognitif yang pesat.Tingkat rasa ingin tahu akan sesuatu hal yang belum mereka ketahui akan semakin besar.Anak-anak pada tahap ini kerap kali akan bertanya tentang sesuatu,misalnya: kenapa ini bisa seperti demikian, apa namanya benda itu, bagaimana ini bisa menjadi seperti ini, atau banyak hal-hal simple lainnya yang mungkin orang dewasa tidak pernah menyangka bahwa anak-anak akan mempertanyakan hal tersebut.
     Oleh karena itu,untuk menyeimbangi pertumbuhan kognitif anak-anak tersebut,maka diperlukanlah suatu program pendidikan anak pra sekolah yang dapat menjadi sarana penyalur dari bakat,dan kemampuan kognitif mereka yang sedang berkembang.Sehingga anak-anak tersebut nantinya akan menjadi lebih siap secara pola pikir ketika mereka akan memasuki tahap Sekolah Dasar (SD).


Referensi :


www.etd.prints.ums.ac.id

www.anneahira.com

www.infodokterku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar