Minggu, 01 April 2012

MEMORY

Refleksi diri

sesuai dengan teori memory yang menjelaskan bahwa informasi yg masuk ke dlm memori melalui 3 tahapan, yaitu sensory register, short-term memory, dan long-term memory. berikut saya akan jelaskan cara belajar saya yg menggunakan konsep dari teori tersebut:

sensory register

pertama saya awali dgn membaca buku. saya pilih topik yang dibahas, lalu saya baca sekilas judul-judul besar yg ada di topik tersebut.

short-term memory

setelah itu, saya mulai membaca isi dari judul-judul tersebut. saya mulai menghapal definisi-definisi yg ada. lalu saya memasukkan informasi tersebut ke dalam short-term memory.

long-term memory

setelah saya hapal definisi-definisi tersebut, saya mencoba memasukkan informasi ke long-term memory. saya menuliskan ulang istilah-istilah yg penting, lalu saya menghubungkan istilah-istilah tersebut dgn membuat anak panah yg menghubungkan antara satu istilah dgn istilah lainnya. hal ini saya lakukan agar informasi tersebut bertahan lama dan masuk ke dalam long-term memory. sehingga, apabila saya ingin me-recall informasi dari memory saya, saya hanya perlu melihat hubungan istilah-istilah tersebut, dan secara otomatis informasi definisi-definisi dari istilah-istilah tersebut akan muncul di dalam pikiran saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar