11063ari.blogspot.com
11075wh.blogspot.com
11123firman.blogspot.com
Hai Bloggers ! :)
Kali ini
kami akan menjelaskan beberapa hal terkait dengan Inteligensi.
Ada berbagai
pandangan tokoh mangenai inteligensi ini. Namun pada kesempatan kali ini kami
akan membahas Inteligensi menurut Phillip Ewart Vernon.
penasaran ?
Cekidot ! :D
·
Inteligensi A , yaitu potensi dasar dari organisme, baik hewan
atau manusia, untuk belajar dan beradaptasi dengan lingkungannya. Inteligensi tipe ini ditentukan oleh gen tetapi
dimediasi terutama oleh kompleksitas dan plastisitas dari
sistem saraf pusat.
·
Inteligensi B , yaitu tingkat kemampuan bahwa seseorang benar-benar menunjukkan perilaku-kepandaian, efisiensi dan kompleksitas persepsi, belajar, berpikir, dan pemecahan masalah.
·
Inteligensi C , yaitu nilai atau IQ
yang diperoleh
dari tes tertentu.
Teori
Inteligensi yang dikemukakan oleh Vernon hampir mirip
dengan teori Spearman. Mari kita lihat teori dari Spearman di bawah ini :
Teori ini
berpendapat bahwa inteligensi itu terbangun atas dua faktor, yaitu faktor
general ability (“G”) dan special ability (“S”). Teori dua faktor Helpzinger
merupakan variasi dan teori Spearman. Dia berpendapat bahwa tes yang tidak
memenuhi syarat proporsionalitas tidak perlu dipandang sebagai pengganggu dan
harus dibuang dari tes yang bersangkutan, sepanjang bagian-bagian tes lainnya
dari tes tersebut memiliki faktor kebersamaan yang sama.
Nah
kemiripannya dengan Vernon adalah Vernon membagi lagi faktor "G" ke
dalam dua bagian yaitu :
1. Kelompok utama (major group factors) yang masing-masingmya adalah faktor pendidikan verbal (verbal educational factors), dan
2. Faktor praktis (practical factors).
1. Kelompok utama (major group factors) yang masing-masingmya adalah faktor pendidikan verbal (verbal educational factors), dan
2. Faktor praktis (practical factors).
Jadi, kurang lebih beginiah teori Kepribadian menurut Phillip E Vernon :
General
Ability, terdiri
dari :
1. Kelompok utama (major group
factors) yang masing-masingmya adalah faktor pendidikan verbal (verbal
educational factors). Kelompok ini dibagi lagi menjadi :
- Faktor kelompok minor (minor-group factors) verbal.
- Faktor kelompok minor (minor-group factors) numerical.
2. Faktor
praktis (practical factors). Faktor inipun terbagi lagi menjadi :
- Kemampuan keruangan (spatial ability).
- Kemampuan manual (manual ability).
- Kemampuan mekanik (mechanical ability).
Masing-masing bagian tersebut dibagi
lagi menjadi faktor-faktor spesifik yang sangat besar jumlahnya dan mencakup
lingkup yang sangat khusus.
Mengenai
faktor-faktor spesifik, Vernon berpendapat bahwa sebenarnya faktor-faktor
spesifik itu tidak banyak memiliki nilai praktis. Oleh karena itu, menurut
Vernon, lebih baik membicarakan faktor-faktor yang lebih umum dikarenakan
faktor umum itulah yang berkorelasi lebih konsisten dan substansial dengan
masalah kehidupan sehari-hari.
Demikianlah bahasan kami tentang teori kepribadian
menurut Phillip Ewart Vernon.
Semoga bermanfaat
:)
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar