Selasa, 05 Juni 2012

Hasil Survey Psikologi Pendidikan


Untuk keperluan penyelesaian tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan, saya membuat sebuah survei untuk mengetahui
bagaimana pengaruh suasana di kelas terhadap minat belajar mahasiswa ketika sedang mengikuti proses perkuliahan.


# Komposisi kuisioner

Survei tersebut berbentuk kuisioner dengan komposisi sebagai berikut :

·         3 pertanyaan seputar data diri.
Yaitu : Nama, NIM, Jenis kelamin

·         5 pernyataan yang membutuhkan tanggapan Setuju, Netral, Tidak Setuju.
 Yaitu :

1      1. Anda puas terhadap fasilitas yang ada di kelas
2.       2. Anda lebih suka jika dosen mengajar dengan metode ceramah
3.       3. Anda lebih suka jika dosen mengajar metode diskusi / tanya jawab
4.       4. Anda lebih semangat belajar jika dosen mengajar dengan metode presentasi menggunakan LCD
5.       5. Anda tidak konsentrasi belajar jika kelas ganjil dan kelas genap digabung

Survei saya akhiri pada tanggal 5 Juni 2012, dengan total 67 responden,
Responden terdiri dari mahasiswa fakultas Psikologi USU angkatan 2011.
Berikut ini saya akan menunjukkan hasil dari survei tersebut.


# Hasil survei

-Pernyataan 1
Anda puas terhadap fasilitas yang ada di kelas

Setuju   
Total                     :   19                      
Persentase         :    28.36%     

Netral               
Total                     :    35                     
Persentase         :    52.24%

Tidak Setuju             
Total                     :    13             
Persentase         :    19.40%       


-Pernyataan 2
Anda lebih suka jika dosen mengajar dengan metode ceramah

Setuju
Total                     :     27
Persentase         :    40.30%

Netral
Total                     :     33
Persentase         :     49.25%

Tidak Setuju
Total                     :     7
Persentase         :     10.45%


-Pernyataan 3
Anda lebih suka jika dosen mengajar metode diskusi / tanya jawab

Setuju
Total                     :      18        
Persentase         :      26.87%

Netral
Total                     :       44      
Persentase         :       65.67%

Tidak Setuju
Total                     :       5
Persentase         :       7.46%


-Pernyataan  4
Anda lebih semangat belajar jika dosen mengajar dengan metode presentasi menggunakan LCD

Setuju
Total                     :        45     
Persentase         :        67.16%

Netral
Total                     :        21
Persentase         :        31.34%

Tidak Setuju
Total                     :        1
Persentase         :        1.49%



-Pernyataan 5
Anda tidak konsentrasi belajar jika kelas ganjil dan kelas genap digabung

Setuju
Total                     :        43     
Persentase         :        64.18%

 Netral
Total                     :       19
Persentase         :       28.36%

 Tidak Setuju
Total                     :        5
Persentase         :        7.46%




# Berdasarkan hasil survei yang didapat, untuk mahasiswa fakultas psikologi universitas sumatera utara angkatan 2011 saya mengambil beberapa kesimpulan, yaitu :

1.   Mayoritas mahasiswa puas terhadap fasilitas yang disediakan di dalam ruang kelas di Fakultas Psikologi USU.
Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah AC, kipas angin, penerangan yang cukup, LCD/Proyektor, microphone, bangku perkuliahan, dan white board.

2.      Diantara beberapa metode cara mengajar dosen, seperti : metode ceramah, diskusi, dan presentasi dengan LCD, yang paling diminati oleh mahasiswa adalah metode presentasi dengan menggunakan LCD.

3.      Mahasiswa lebih konsentrasi dalam belajar apabila suasana di dalam kelas tidak terlalu ramai, dan tidak banyak kebisingan.


Demikianlah hasil survei ini saya sampaikan semoga bisa menjadi bahan pertimbangan agar dapat semakin meningkatkan semangat belajar mahasiswa dan hal itu tentunya juga akan meningkatkan kualitas mahasiswa.
Terimakasih untuk pihak-pihak yang telah terlibat dalam survei ini, yaitu  Ibu Filia Dina Anggaraeni sebagai dosen pengampu, teman-teman angkatan dan juga kepada situs penyedia layanan survei gratis ini  www.kwiksurveys.com.
Tentunya saya juga menerima kritik dan saran agar ke depannya saya dapat menjadi lebih baik.

Salam hormat,
Wahyu Habibie
111301075




Testimoni :
Menurut saya, tugas survey ini sangat bagus dan bermanfaat bagi mahasiswa. Karena dengan adanya tugas survey ini, mahasiswa mendapat ilmu bagaimana membuat survey secara online. Hal ini sangat dibutuhkan karena ke depannya mahasiswa bisa menggunakannya untuk membuat survey-survey lanjutan untuk kepentingan penelitian. Sekian dan terima kasih..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar