Senin, 09 April 2012

Psikologi Sekolah

Anggota :







Halo teman-teman bloggers, kali ini saya ingin membahas beberapa poin penting tentang Psikologi Sekolah terutama tentang perbedaanya dengan Psikologi Pendidikan.
Langsung aja ya, Ini dia
Kedudukan Psikologi Sekolah dalam ilmu psikologi
Psikologi sekolah adalah cabang dari ilmu psikologi yang membantu seseorang (siswa) yang membutuhkan bantuan melalui cara bimbingan konseling, speech therapists dan juga membantu pengajar di kelas.
Psikologi sekolah juga memberikan pelatihan kepada murid dan guru. Contohnya :
-Pendidikan anak
-Praktek pengasuhan
-Pengembangan anak dan remaja
Perbedaan Psikologi Pendidikan dengan Psikologi Sekolah
Psikologi Pendidikan mempelajari bagaimana seseorang belajar, mengingat, dan berpikir serta bagaimana mereka mengembangkan mental selama berlangsung proses belajar. Jadi pada dasarnya berfokus pada siswa dan pengajar.
Sedangkan Psikologi Sekolah mempelajari penerapan prinsip-prinsip ilmiah belajar dan perilaku untuk memperbaiki sekolah terkait masalah dan untuk memfasilitasi pembelajaran dan pengembangan anak-anak di sekolah-sekolah umum. Pada dasarnya berfokus kepada sekolah.
Fungsi sekolah sebagai Agent of Change
Seperti yang kita ketahui bahwa seiring berjalannya waktu maka teknologipun semakin berkembang pula, dan tidak dapat dipungkiri bahwa hal-hal negatif juga terjadi seiring dengan kemajuan teknologi itu. Oleh karena itu, maka disinilah peran sekolah sebagai agen perubahan yaitu mendidik para generasi muda agar kelak ketika mereka telah memiliki ilmu dan kemudian diterjunkan ke masyarakat, mereka mampu membawa perubahan ke dalam masyarakat tersebut, tentunya perubahan ke arah yang positif. Mampu membantu mayarakat agar terhindar dari hal-hal negatif yang tumbuh seiring dengan perkembangan jaman.
Metode yang dapat digunakan dalam sistem pengajaran sekolah
-Metode Ceramah (Preaching Method)
Metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.
-Metode diskusi ( Discussion method )
Metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama ( socialized recitation ).
-Metode demontrasi ( Demonstration method )
Metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.
-Metode ceramah  plus
Metode mengajar yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode ceramah gabung dengan metode lainnya.
 -Metode resitasi ( Recitation method )
Metode mengajar dimana siswa diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri.
-Metode percobaan ( Experimental method )
Metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan.
-Metode Karya Wisata
Metode mengajar yang dirancang terlebih dahulu oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian dibukukan.
-Metode latihan keterampilan ( Drill method )
Metode mengajar dimana siswa diajak ke tempat latihan keterampilan untuk melihat bagaimana cara membuat sesuatu, bagaimana cara menggunakannya, untuk apa dibuat, apa manfaatnya dan sebagainya.
-Metode mengajar beregu ( Team teaching method )
Metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas. Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai kordinator. Cara pengujiannya, setiap pendidik membuat soal, kemudian digabung. Jika ujian lisan maka setiap siswa yang diuji harus langsung berhadapan dengan team pendidik tersebut.
-Metode mengajar sesama teman ( Peer teaching method )
Metode mengajar sesama teman adalah suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri
-Metode pemecahan masalah ( Problem solving method )
Metode ini adalah suatu metode mengajar yang mana siswanya diberi soal-soal, lalu diminta pemecahannya.
-Metode perancangan ( projeck method )
Metode mengajar dimana pendidik harus merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.
-Metode Bagian ( Teileren method )
Metode mengajar dengan menggunakan sebagian-sebagian, misalnya ayat per ayat kemudian disambung lagi dengan ayat lainnya yang tentu saja berkaitan dengan masalahnya.
-Metode Global (Ganze method )
Metode mengajar dimana siswa disuruh membaca keseluruhan materi, kemudian siswa meresume apa yang dapat mereka serap atau ambil intisari dari materi tersebut.
-Metode Discovery
Prosedur mengajar yang mementingkan pengajaran perseorangan, manipulasi obyek dan lain-lain, sebelum sampai kepada generalisasi.
Permasalahan yang sering terjadi di sekolah
-Konflik antara guru dengan murid
Hal ini bisa terjadi karena si murid yang mungkin terlalu nakal sehingga sang guru menjadi marah bahkan terkadang bisa berujung pada tindak kekerasan.
Solusi :
Murid harus lebih menjaga sopan santun terhadap guru dan mematuhi perintah guru. Selain  itu gurupun harus melatih kesabaran dalam menghadapi masalah dengan murid.
-Konflik antar siswa
Hal ini bisa terjadi karena masalah-masalah kecil maupun masalah-masalah besar. Misalnya  seperti yang berkaitan dengan geng pertemanan.
Solusi :
Siswa harus belajar saling menghargai satu sama lain.
-Siswa yang kesulitan dalam memahami pelajaran sekolah
Seperti yang kita ketahui bahwa kemampuan semua siswa tidaklah sama, nah di sekolah sering dijumpai anak yang sulit dalam memahami pelajaran hal ini bisa berujung pada terjadinya stres pada siswa.
Solusi :
Guru dan orang tua harus berkoordinasi dengan orang tua siswa tentang keadaan anak tersebut supaya mungkin bisa diberikan bantuan bimbingan belajar.
Fungsi dan peran Psikolog Sekolah dan perlinya Psikolog Sekolah
-Mengkomunikasikan hasil evaluasi psikologis untuk orang tua, guru, dan lain-lain sehinggamereka dapat memahami sifat kesulitan siswa dan bagaimana untuk melayani kebutuhan siswa. 
-Melakukan penelitian tentang instruksi yang efektif, manajemen perilaku, program-program sekolah alternatif, dan intervensi kesehatan mental. 
-Menilai dan mengevaluasi berbagai masalah yang berkaitan sekolah dan aset anak dan remaja di sekolah yang ditugaskan.  
-Intervensi langsung dengan siswa dan keluarga melalui konseling individu, kelompok pendukung, dan pelatihan keterampilan.Terlibat dalam pencegahan krisis dan layanan intervensi.
-Dapat melayani satu atau beberapa sekolah di daerah sekolah atau bekerja untuk sebuah pusat kesehatan mental masyarakat dan / atau dalam lingkungan universitas.
Hal-hal yang diberikan dalam kaitannya dengan layanan Psikolog Sekolah
Program Integratif
Program ini ditujukan untuk sekolah yang berupa paket lengkap Layanan Konsultansi Psikolog Sekolah, berupa program asesmen, konseling, seminar dan pelatihan lengkap untuk siswa, guru dan orangtua selama 2 tahun berturut-turut.
Program ini disesuaikan dengan jenjang sekolah (TK-SD-SMP-SMA) dan jumlah siswa yang ada di tiap sekolah.
Pembayaran untuk program ini dapat dilakukan dalam dua termin (setahun sekali). Program Integratif ini terdiri dari Tiga Paket, yaitu :
-Paket Jenius
Terdiri atas :                                                   
·         Psikotes siswa Semi Individual/ Klasikal (2x/2thn)
·         Psikotes siswa Individual (2x/2thn), 
·         Konseling Siswa (8/2thn),
·         Pelatihan Guru (2x/2thn),
·         Konseling Guru (4x/2thn),
·         Seminar Parenting Skills Untuk orangtua (2x/2thn)
·         Pengarsipan Psychological Record siswa dan Guru (1 berkas/org)
Paket Superior
Terdiri atas :
·         Psikotes Semi Individual  (2x/2thn)
·         Psikotes Individual Pemetaan (2x/2thn)
·         Konseling siswa (8x/2thn)
·         Outbound Training untuk siswa (2x/2thn)
·         Psikotes Klasikal Guru (1x/2thn)
·         Konseling Guru (4x/2thn)
·         Team Building dan Pelatihan Guru (1x/2thn)
·         Parenting Skills Untuk orangtua (2x/2thn)
·         Pengarsipan Psychological Record siswa dan Guru (1 berkas/org)
Paket Gifted
Paket Bebas Pilih layanan Psikologi selama dua tahun dengan minimal 3 program layanan/ 2 tahun, dengan harga paket yang lebih menguntungkan.
Perbedaan antara Psikolog Sekolah, Psikologi Pendidikan, dan Guru Bimbingan Konseling
Psikolog Sekolah :
Psikolog yang mengkhususkan diri pada dunia sekolah yang berperan dalam pengaturan kelas yang berhubungan dengan psikologis siswa juga guru serta dapat memberikan penilaian terhadap intelegensia guru, inovasi guru, dalam mengajar, dan lain sebagainya.
Psikolog Pendidikan :
Sarjana psikologi yang telah menjalani pendidikan profesi dan berhak membuka praktek, termasuk praktek konseling, namun tidak berkompeten mengeluarkan resep obat.
Guru BK :
Guru yang mempunyai keahlian dalam melakukan konseling yang berlatar belakang pendidikan minimal sarjana strata 1 (S1) dari jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB), Bimbingan Konseling (BK), atau Bimbingan Penyuluhan (BP).
Oke, demikianlah teman-teman, semoga bermanfaat J
Referensi :

Minggu, 08 April 2012

Parts Konflik



Pernahkah Anda mengalami konflik yang terjadi di dalam diri Anda pada suatu waktu??

Misalnya,, ketika kita bangun tidur di pagi hari...ada bisikan dari dalam diri yang dengan santai mengatakan,, "hmm...tidur lagi ahh.."..tetapi di saat yang sama ada bisikan lain yang mengatakan,,"ayoo bangun..banyak aktifitas yang akan dikerjakan hari ini..banguun.."

Hal tersebut sering dialami oleh kebanyakan orang, termasuk saya juga..hehe..
ketika kita mengalami hal tersebut,, mau tidak mau kita harus memilih diantara keduanya..

Contoh lain misalnya..
Seorang wanita yang sedang memilih pendamping hidupnya, dari sekian banyak pria yang menyukainya....dan wanita ini harus memilih diantara mereka..

Dan tahukah anda,, hal itu terjadi karena adanya konflik dari part-part atau bagian-bagian dalam diri kita..
masing-masing part tersebut mempunyai maksud dan tujuan masing-masing..walaupun tujuannya berbeda, tetapi masing-masing part tersebut memberikan maksud yang sebenarnya demi kepentingan diri kita..

Part-part tersebut berada di dalam alam bawah sadar kita..oleh karena itu, untuk dapat memahami maksud dari part-part itu, kita harus masuk dahulu ke pikiran bawah sadar kita, yaitu ketika gelombang otak kita berada pada gelombang alfa maupun theta..

Untuk dapat masuk ke gelombang otak alfa dan theta, bisa dilakukan dengan melakukan relaksasi, meditasi, dan hypnosis..

Apabila konflik yang terjadi tidak bisa diatasi dengan baik, maka hal itu dapat mengganggu kesehatan mental kita..kita jadi merasa gelisah, khawatir, dan cemas..seringkali, jika hal ini terjadi, kita tidak menyadari penyebab dari rasa gelisah tersebut, karena konflik yang terjadi berlangsung di alam bawah sadar kita..

Lalu, bagaimana caranya mengatasi konflik antar part  tersebut???

Dalam dunia Hypnotherapy, ada istilah yang dinamakan Parts Therapy..Parts Therapy adalah suatu prosedur terapeutik yang dilakukan untuk mengatasi masalah konflik antar beberapa part dalam diri kita..dengan Parts Therapy, konflik antar part akan dapat diatasi dengan cara mendamaikan part-part yang sedang berkonflik..apabila part-part yang sedang berkonflik berhasil didamaikan, maka diru kita akan merasa jauh lebih tenang dan damai..


Kamis, 05 April 2012

Seberapa Penting Sih Pendidikan Anak Pra Sekolah...? :)


Kelompok :

Nenita Sari S G (11-069)

Wahyu Habibie (11-075)

Ahmad Khalid (11--079)


     Anak prasekolah adalah mereka yang berusia antara tiga sampai enam tahun (Patmonodewo, 1995). Anak prasekolah adalah pribadi yang mempunyai berbagai macam potensi. Potensi-potensi itu dirangsang dan dikembangkan agar pribadi anak tersebut berkembang secara optimal.Tertunda atau terhambatnya pengembangan potensi-potensi itu akan mengakibatkan timbulnya masalah. Masa prasekolah menurut Munandar (1992) merupakan masa-masa untuk bermain dan mulai memasuki taman kanak- kanak. Waktu bermain merupakan sarana untuk tumbuh dalam lingkungan dan kesiapannya dalam belajar formal (Gunarsa, 2004). Pada tahap perkembangan anak usia prasekolah ini, anak mulai menguasai berbagai ketrampilan fisik, bahasa, dan anak pun mulai memiliki rasa percaya diri untuk mengeksplorasi kemandiriannya (Hurlock, 1997).Pendidikan pra sekolah adalah pendidikan yang diberikan kepada anak-anak balita sebelum masuk sekolah taman kanak-kanak atau pendidikan dasar pertama yaitu sekolah dasar (SD).
     Sistem pendidikan pra sekolah ini pertama kali dikenal oleh masyarakat ketika mereka mulai menyadari arti pentingnya mendidik anak sejak dini.Sehingga penyelenggaraannya juga lebih sering dilakukan oleh masyarakat sendiri melalui berbagai macam organisasi seperti PKK atau Lembaga Swadaya Masyarakat lain yang bergerak di bidang pendidikan.Adapun tujuan utama dari pendidikan pra sekolah adalah untuk mengembangkan tingkat kecerdasan dan mental baik secara fisik dan rohani, serta membentuk karakter anak agar bisa mengatur perasaan emosi serta punya jiwa sosial yang tinggi. Sehingga ketika mereka masuk pada tingkat pendidikan dasar pertama, anak-anak bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan lebih mandiri.
     Di Indonesia sendiri, sudah terdapat beberapa lembaga pendidikan aanak prasekolah diantaranya adalah Play Group dan Taman Kanak-kanak. Play Group merupakan sarana yang disediakan bagi anak-anak yang berusia 3-4 tahun. dan Taman Kanak-kanak (TK) biasanya disediakan untuk anak dengan umur antara 4-6 tahun. Pendidikan anak pra sekolah sebenarnya memiliki beberapa kelebihan yang dapat semakin mempercepat perkembangan si anak tersebut. Beberapa kelebihan tersebut dapat ditinjau dari aspek :

ASPEK SOSIAL

      Anak-anak juga seperti manusia lainnya yang merupakan makhluk sosial. Mereka juga membutuhkan orang lain dan ingin bersama-sam dengan orang lain. Anak-anak pada umumnya sangat senang dalam hal bermain, karena dengan cara tersebut mereka dapat berkomunikasi dan berhubungan dengan teman-teman mereka. Dan anak-anak juga akan merasa senang jika mereka mempunyai banyak teman bermain.Oleh karena itu, Pendidikan Anak Pra Sekolah memberikan sarana akan hal tersebut. Dengan memasukkan anak-anak ke dalam Play Group dan Taman Kanak-kanak, mereka secara alami akan semakin banyak memiliki teman. Karena di sana mereka juga akan bermain dan saling bekerja sama dengan teman-teman mereka. Dan jika mereka dapat menjalin hubungan pertemanan dengan cukup baik, anak-anak juga akan semakin memiliki kemampuan sosial dan beradaptasi dengan lingkungannya.

ASPEK EMOSIONAL

Anak-anak di dalam masa perkembangannya terkadang memiliki pertumbuhan emosi yang belum dapat terkendali dengan baik. Mereka juga terkadang dapat berbuat dengan sesuka hati mereka.Oleh sebab itu. anak-anak pada usia pra sekolah perlu untuk mendapatkan pendidikan Play Group dan TK. Karena dengan cara tersebut, anak-anak dapat mengolah ekspresi dari emosi dirinyaa kedalam lingkungan prasekolahnya.Emosi anak-anak akan berkembang karena dia juga akan berhubungaan dengan temannya, sehingga ia akan terlatih dalam menghadapi sikap teman-temannya tersebut. Emosi anak-anak akan dapat mengalami perkembangan dengan baik jika anak tersebut diberikan kasih sayang dan bimbingan yang cukup oleh orangtua, guru TK, maupun lingkungannya. Namun sebaliknya jika dalam tahap perkembangan emosional anak-anak ini, anak-anak justru dibatasi untuk mengekspresikan emosinya.Hal tersebut dapat berdampak pada emosinya kelak.Ia mungkin akan menjadi kurang percaya diri ataupun ragu-ragu dalam menyampaikan pendapatnya.

ASPEK FISIK

Anak-anak dengan usia 5 tahun pertama merupakan masa-masa emas dalam kehidupannya.Artinya bahwa pada tahap 5 tahun pertama inilah, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat.Pertumbuhan fisiknya juga mengalami kemajuan yang pesat.Begitu juga dengan perkembangan kognitif dan bahasanya.Oleh karena itulah,anak-anak yang sedang berada pada usia prasekolah ini harus dikembangkan dengan sebaik mungkin.Antara lain dengan cara mengikutkan mereka kedalam program pendidikan anak prasekolah.Karena kualitas tumbuh kembang anak pada masa ini akan menentukan kualitas fisik,mental,emosional,sosial,kemampuan belajar,dan perilaku sepanjang hidupnya.

ASPEK KOGNITIF

      Anak-anak yang berada pada usia 5 tahun pertama secara normal akan mengalami perkembangan kognitif yang pesat.Tingkat rasa ingin tahu akan sesuatu hal yang belum mereka ketahui akan semakin besar.Anak-anak pada tahap ini kerap kali akan bertanya tentang sesuatu,misalnya: kenapa ini bisa seperti demikian, apa namanya benda itu, bagaimana ini bisa menjadi seperti ini, atau banyak hal-hal simple lainnya yang mungkin orang dewasa tidak pernah menyangka bahwa anak-anak akan mempertanyakan hal tersebut.
     Oleh karena itu,untuk menyeimbangi pertumbuhan kognitif anak-anak tersebut,maka diperlukanlah suatu program pendidikan anak pra sekolah yang dapat menjadi sarana penyalur dari bakat,dan kemampuan kognitif mereka yang sedang berkembang.Sehingga anak-anak tersebut nantinya akan menjadi lebih siap secara pola pikir ketika mereka akan memasuki tahap Sekolah Dasar (SD).


Referensi :


www.etd.prints.ums.ac.id

www.anneahira.com

www.infodokterku.com

Selasa, 03 April 2012

Fenomena Hypnosis


Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi kepada para pembaca sekalian mengenai beberapa fenomena yang bisa dimunculkan ketika seseorang berada dalam kondisi hypnosis..

Hypnotic Revivification
Dalam kondisi ini subjek seolah-olah mengalami kembali kejadian yang disugestikan, biasanya digunakan untuk memfasilitasi sebuah pembelajaran dan pengalaman baru dalam kasus trauma dan fobia, dan juga dalam stress management..

Jangkar Emosi (Anchoring)
Kadang juga disebut Post Hypnotic, yaitu sugesti yang diberikan akan menjadi aktif (diaktifkan) oleh sebuah trigger yg sudah disepakati dgn bawah sadar subjek. Misalnya, sugesti Post Hypnotic yg diberikan kepada seorang perokok bahwa nanti ketika dia melihat teman-temannya merokok, akan timbul keinginan untuk makan buah-buahan dan minum air yang banyak. Fobia juga merupakan jangkar emosi yg sangat kuat dan negatif..

Distorsi Waktu
Dalam kondisi ini persepsi waktu subjek sudah berubah, bisa menjadi lebih panjang atau menjadi lebih pendek daripada yang sebenarnya, fenomena ini sudah sering kita alami secara alamiah dan bisa dimunculkan secara sistematis dengan hypnosis..

Katalepsi
Adalah kondisi dimana otot-otot menjadi keras dan kaku. Efek ini bisa digunakan oleh praktisi bela diri untuk menahan pukulan atau menerima bacokan dlm ilmu kebal. Efek ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pegal dan capek dgn mengatur tingkat ketegangan otot tersebut dgn sugesti. Aplikasi lain dari katalepsi adalah untuk membantu pasien yg tidak boleh banyak bergerak supaya lukanya bisa cepat sembuh..

Pemecahan Kesadaran
Fenomena ini disebut juga Proses Disosiasi, ketika subjek bisa berimajinasi dirinya keluar dari tubuhnya, atau dirinya terbagi menjadi beberapa bagian. Misalnya, ketika seorang anak takut, sang anak bisa membayangkan rasa takutnya adalah monster, sedangkan dirinya adalah Superman yg menang melawan monster tersebut. Parts Therapy juga menggunakan efek ini untuk mengatasi internal konflik dan fast cure fobia menggunakan teknik pemecahan kesadaran ini untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan rasa takut..

Anastesia dan Analgesia

Dengan sugesti kita bisa mengurangi rasa sakit (analgesia) dan pada beberapa kasus rasa sakit bahkan bisa dihilangkan sama sekali (anastesia). Fenomena ini sudah sering digunakan dalam Pain Management, aplikasinya sangat luas, salah satunya adalah untuk mengurangi rasa nyeri dan dengan demikian mengurangi penderitaan pasien kanker dan AIDS.

Halusinasi Positif dan Negatif
Dalam kondisi ini, subjek melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yg tidak ada (Halusinasi Positif) atau tidak melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yg seharusnya ada (Halusinasi Negatif).
Halusinasi positif biasanya digunakan dalam age regression, dan dalam metaphysical hypnosis, seorang praktisi bisa menggunakan fenomena ini untuk melakukan remote viewing dan melakukan penyembuhan jarak jauh, atau juga untuk mendeteksi penyakit dgn membaca atau merasakan aura pasien..

Perubahan Identitas
Dalam kondisi ini, identitas subjek sudah berubah dan dengan demikian perilaku subjek juga berubah, dan ini menjelaskan kenapa pada orang yg kesurupan, perilaku dan bahkan suaranya bisa berubah.
Fenomena ini juga sering digunakan untuk belajar dengan cepat, misalnya belajar memberikan presentasi dengan meniru seorang pembicara terkenal, atau untuk belajar keterampilan olahraga dengan meniru atlet terkenal, dll..

Regression dan Age Progression
Fenomena ini memungkinkan seseorang dibawa dan mengalami kembali masa lalunya (age regression), biasanya digunakan untuk menyelesaikan masalah yg menyebabkan seseorang menderita trauma atau fobia.  
Age progression adalah membawa subjek ke masa depan, biasanya digunakan untuk kreativitas dan problem solving, ketika subjek dibawa ke depan pada saat subjek sudah menyelesaikan masalahnya, kemudian subjek akan melihat ke belakang dan memperhatikan apa yg sudah dilakukannya sehingga bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Dengan cara ini subjek bisa mendapatkan ide brilian yg merupakan solusi bagi permasalahannya.

Hypermnesia
Kondisi ketika ingatan subjek menjadi tajam dan mampu mengingat hal-hal yg sudah lama dilupakan tanpa harus melakukan age regression..

Hyperesthesia
Kondisi ketika semua indera subjek menjadi sangat peka. Misalnya, pada seorang praktisi pengobatan dengan prana, dengan efek ini seorang praktisi tersebut bisa mendeteksi penyakit hanya dengan melakukan sensing atau scanning aura pasien melalui tangan (kinestetik) ataupun secara visual, atau seorang ahli parfum bisa mencium komposisi bahan-bahan yg terkandung dalam parfum, dll..

Ideomotor Response
Ideomotor Response adalah gerakan otot mikro yang berada di bawah kendali bawah sadar secara langsung, efek ini biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan bawah sadar seseorang. Misalnya, gerakan jari tangan untuk jawaban 'ya' atau 'tidak' dalam kondisi deep trance ketika subjek sudah susah untuk berbicara, atau gerakan otomatis dari pendulum, atau sensasi tarikan dalam radiestesi yg dulu digunakan untuk mencari sumber mata air di bawah tanah atau barang yang hilang..

Demikianlah beberapa fenomena hypnosis, semoga bermanfaat..

Senin, 02 April 2012

Gelombang Otak dan Tingkat Kesadaran



Otak kita setiap saat menghasilkan impuls-impuls listrik. Aliran listrik ini, yang lebih dikenal sebagai gelombang otak, diukur dgn dua cara, yaitu amplitudo dan frekuensi..Amplitudo adalah besarnya daya impuls listrik yg diukur dlm satuan micro volt. Frekuensi adalah kecepatan emisi listrik yg diukur dlm cycle per detik, atau hertz. Frekuensi impuls menentukan jenis gelombang otak, yaitu beta, alfa, theta, delta. Jenis atau kombinasi dari jenis gelombang otak menentukan kondisi kesadaran pada suatu saat..
Pandangan keliru yg selama ini ada dlm benak banyak orang adalah otak hanya menghasilkan satu jenis gelombang pada suatu saat. Pandangan itu salah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada suatu saat, pada umumnya, otak kita menghasilkan empat jenis gelombang secara bersamaan, namun dgn kadar yg berbeda..Dalam kondisi tertentu, misalnya meditasi, kita dapat secara sadar mengatur jenis gelombang otak mana yg ingin kita hasilkan..

Pola Gelombang Otak

Untuk mengukur pola gelombang otak, dapat dilakukan dengan menggunakan alat yaitu EEG (Electroencephalograph). Berikut ini adalah jenis-jenis dari pola gelombang otak :

BETA

Beta adalah gelombang otak yg frekuensinya paling tinggi. Beta dihasilkan oleh proses berpikir secara sadar. Beta terbagi menjadi tiga, yaitu beta rendah 12-15 Hz, beta 16-20 Hz, dan beta tinggi 21-40 Hz. Kita menggunakan beta untuk berpikir, berinteraksi, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Bersama dgn gelombang lainnya, beta sangat dibutuhkan dlm proses kreatif. Tanpa beta, semua kreativitas yg merupakan hasil pikiran bawah sadar akan tetap terkunci di bawah sadar, tanpa bisa terangkat ke permukaan dan disadari oleh pikiran. Walaupun beta merupakan satu komponen yg sangat penting dari kondisi kesadaran kita, bila kita beroperasi semata-mata hanya dengan jenis gelombang ini, tanpa didukung oleh frekuensi yg lebih rendah, maka akan menghasilkan satu kehidupan yg dipenuhi dgn kekhawatiran, ketegangan, dan proses berpikir yg tidak fokus..

ALFA

Alfa adalah jenis gelombang yg frekuensinya sedikit lebih lambat dibandingkan beta, yaitu 8-12 Hz. Alfa berhubungan dgn kondisi pikiran yg rileks dan santai. Dalam kondisi alfa, pikiran dapat melihat gambaran mental secara sangat jelas dan dapat merasakan sensasi dgn lima panca indera dari apa yg terjadi atau dilihat dlm pikiran. Alfa adalah pintu gerbang bawah sadar. Manfaat alfa yg utama dan paling penting adalah sebagai jembatan penghubung antara pikiran sadar dan bawah sadar. Alfa memungkinkan kita untuk menyadari keberadaan mimpi dan keadaan meditasi terdalam yg kita capai. Tanpa alfa, kita tidak akan dapat mengingat mimpi atau dunia meditasi yg sangat dalam saat kita terbangun atau selesai bermeditasi..

THETA

Theta adalah gelombang pada kisaran frekuensi 4-8 Hz, yang dihasilkan oleh pikiran bawah sadar. Theta muncul saat kita bermimpi dan saat terjadi REM (Rapid Eye Movement). Pikiran bawah sadar menyimpan memori jangka panjang kita dan juga merupakan gudang inspirasi kreatif. Selain itu, pikiran bawah sadar juga menyimpan materi yg berasal kreativitas yg ditekan atau tidak diberi kesempatan untuk muncul ke permukaan dan materi psikologis yg ditekan. Meskipun kita dapat masuk ke theta dan mengakses berbagai materi yg disimpan disana, bila tidak dibantu dgn gelombang alfa dan beta, semua materi itu tidak dapat dikenali oleh pikiran sadar. Semua materi yg berhubungan dgn emosi, tersimpan dalam pikiran bawah sadar. Emosi-emosi negatif yg tidak teratasi dgn baik, setelah masuk ke pikiran bawah sadar, akhirnya menjadi beban psikologis yg menghambat kemajuan diri seseorang.
Bila kita berhasil masuk ke kondisi theta, kita akan mengalami kondisi meditatif tg sangat dalam. Misalnya keheningan, ketenangan, kedalaman, dan puncak kebahagiaan, dirasakan di dalam theta. Saat komponen gelombang lainnya berada dalam takaran yg pas, bersama dgn theta, kita dapat merasakan pengalaman "ah-ha". Saat kita ingin mengobati dan menyembuhkan tubuh atau pikiran, kita harus masuk ke theta agar dapat mencapai hasil maksimal..

DELTA

Delta adalah gelombang otak yg paling lambat, pada kisaran frekuensi 0,1-4 Hz, dan merupakan frekuensi dari pikiran nirsadar (unconscious mind). Pada saat kita tidur lelap, otak hanya menghasilkan gelombang delta agar kita dapat istirahat dan memulihkan kondisi fisik. Pada orang tertentu, saat dalam kondisi sadar, delta dapat muncul bersamaan dgn gelombang lainnya. Dalam keadaan itu, delta bertindak sebagai 'radar' yg mendasari kerja intuisi, empati, dan tindakan yg bersifat insting. Delta juga memberikan kebijakan dgn level kesadaran psikis yg sangat dalam.
Gelombang delta sering tampak dalam diri orang yg profesinya bertujuan membantu orang lain, orang yg perlu memahami kondisi mental, psikologis, atau emosi orang lain. Delta muncul tidak hanya saat kita memperhatikan orang lain, namun juga muncul saat kita berusaha mengerti ide atau konsep, objek atau seni, atau apa saja yg membutuhkan kesadaran nirsadar yg sangat dalam.
Delta juga disebut dengan orienting response karena berfungsi mengarahkan kita dalam hal waktu dan ruang. Delta berfungsi sebagai sistem peringatan dini untuk merasakan adanya ancaman atau bahaya. Delta memungkinkan kita untuk 'melihat' informasi yg tidak ditangkap oleh pikiran sadar. Dari sudut pandang negatif, delta juga dapat digunakan untuk kondisi berhati-hati yg berlebihan (hypervigilance). Sikap hati-hati yg berlebihan, atau lebih tepat disebut dgn kepekaan, berguna untuk anak yg mengalami abuse untuk memastikan kondisi emosi orangtua nya. Dari pengamatan, anak itu akan tahu apakah orangtua nya akan memukul atau menghukum dirinya. Masalah akan timbul bila anak bertumbuh dgn delta yg berlebihan dan secara terus-menerus 'membaca' kondisi emosi di lingkungan sekitarnya dan berusaha mengendalikan kondisi ini demi keselamatan hidupnya.
Orang dewasa yg terlalu peka, sebagai hasil dari mengembangkan sikap berhati-hati secara berlebihan sejak kecil, dapat secara positif mengarahkan kepekaannya ini pada kemampuan persepsi psikis dan penyembuhan. Hal itu dapat dicapai karena radar delta yg telah sangat berkembang dalam dirinya. Delta juga dihubungkan dengan konsep collective unconscious..



Gelombang beta, alfa, theta, dan delta adalah komponen pembentuk kesadaran kita. Keempat gelombang ini beroperasi dalam satu jalinan komposisi rumit yg menentukan kondisi kesadaran kita dalam suatu saat..

Tips Menghindari Kejahatan Hypnosis


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bagi setiap orang yang ingin selamat dari sebuah kejahatan hypnosis :

1. Selalu waspada, terutama di tempat umum, lebih-lebih tempat terbuka. Hal itu karena Penjahat Hypnotis umumnya justru lebih mengidealkan tempat terbuka, karena mereka memiliki asumsi bahwa di tempet terbuka semacam itu tentu setiap orang yang akan menjadi calon korbannya tidak akan menaruh curiga yang berlebihan disebabkan rasa aman oleh keadaan dan lingkungan di sekitarnya..Hal lain yg juga harus diperhatikan adalah bahwa pada umumnya profil dari seorang Penjahat Hypnotis lebih sering benar-benar diluar perkiraan setiap orang bahwa dia adalah penjahat. Mereka umumnya tampil tidak ubahnya seperti seorang eksekutif, dan sering kali juga memiliki pesona fisik yg sangat menarik..

2. Jika sedang berada di tempat umum sebaiknya jangan sekali-kali melayani pertanyaan yg diajukan oleh sekelompok orang (lebih dari 2 orang). Jika terpaksa harus berhadapan dengan situasi semacam itu maka sebaiknya orang yg bersangkutan memberikan jawaban yg pendek serta langsung putuskan pembicaraan. Dalam teori hypnosis dipahami bahwa pertanyaan beruntun yg dibentuk sedemikian rupa untuk membingungkan akan mampu menggiring seseorang untuk memasuki kondisi Confuse tanpa disadarinya, dan hal itu akan membuat pikiran orang yang bersangkutan berpotensi "blank". Kondisi "blank" semacam itu mungkin hanya akan dialami sepersekian detik, tetapi bagi seorang yg memiliki kemampuan hypnosis waktu sepersekian detik sudah cukup untuk melancarkan serangan lebih jauh dgn teknik-teknik hypnosis yg dimilikinya. Selain dgn model pertanyaan beruntun yg dilakukan secara group itu, seorang penjahat hypnotis juga bisa menggunakan cara menepuk calon korbannya secara tiba-tiba untuk menggiringnya ke dalam kondis "blank". Karena itu, sekaget apapun seseorang yg disebabkan oleh tepukan semacam itu maka lebih baik dia tidak perlu melibatkan diri dlm pembicaraan lebih jauh dgn orang asing yg sama sekali belum dikenalnya. Segera saja alihkan perhatian kepada hal2 lain, agar seandainya orang yg menepuk adalah seorang Penjahat Hypnosis maka dia tidak akan memiliki kesempatan untuk menerapkan teknik-tekniknya sebab tidak mendapatkan respon positif dari calon korban yg ada di hadapannya. Dalam mengalihkan perhatian bisa saja dgn cara orang yg bersangkutan meremas-remas tengannya dgn keras, memainkan lidah ke langit-langit mulutnya, dsb..

3. Jika ada penawaran dari seseorang yg belum dikenal untuk memperoleh keuntungan uang yg besar maka sebaiknya berhati-hatilah. Usahakan diri untuk tetap ingat dan sadar bahwa 'tidak ada orang yg mau memberikan segala sesuatu dgn cuma-cuma'. Gunakan logika normal serta jangan biarkan diri terlarut dlm pembicaraan yg detail. Pembicaraan yg detail, apalagi bagi orang yg memiliki kemampuan hypnosis dan teknik komunikasi yg baik, selalu dapat membuat hal yg sebelumnya 'tidak masuk akal' menjadi 'masuk akal', karena pada saat itu seseorang sedang ditarik ke kondisi hypnosis melalui cara yg sangat persuasif.

4. Jika jantung seseorang tiba-tiba berdebar-debar tanpa sebab, atau merasa sedikit mual ketika sedang berhadapan dan berbicara dgn orang asing, maka mungkin orang asing tersebut adalah seorang Penjahat Hypnotis yg tengah menggunakan Subtle Energy, yaitu semacam 'energi gendam'. Jika mengalami situasi semacam ini, maka segeralah lakukan pengalihan untuk menghindari orang tersebut, serta lakukan netralisasi energi dgn cara mengarahkan kedua telapak tangan ke bawah, dan niatkan dalam pikiran untuk membuang segenap energi negatif ke dalam inti bumi..

5. Jika tiba-tiba seseorang merasa mengangtuk tanpa sebab, atau daerah kepala di bagian kiri terasa ada aliran energi yg agak aneh, atau mata terasa berat tetapi tidak mengantuk, maka mungkin ada Penjahat Hypnotis di radius tersebut yg tengah mengirimkan sinyal telepati untuk mengetes diri orang yg bersangkutan. Untuk menghindari kemungkinan yg tidak diinginkan, segeralah bangkit dan lakukan gerakan fisik, serta segera aktifkan pikiran untuk tetap berada dalam kesadaran normal yg kritis dan rasional. Kemampuan telepati sangat mungkin dimiliki oleh seorang yg menguasai hypnosis, akan tetapi telepati tidak akan efektif bagi pikiran yg aktif. Selain itu jangan terlalu takut, karena telepati tidak akan bekerja dgn mudah ke setiap orang..

6. Bagi seorang yg latah, sebaiknya bersikap lebih waspada jika berada di tempat umum, karena latah adalah indikasi bahwa seseorang tidak memiliki kontrol yg baik terhadap gerbang pikiran bawah sadarnya, sehingga keadaan semacam itu dapat dengan mudah dideteksi dan dimanfaatkan oleh seorang Penjahat Hypnosis. Karena itu, disarankan untuk mengajak teman ketika harus berada di tempat umum yg dianggap rawan..

Demikianlah beberapa tips yg bisa dilakukan untuk menghindari kejahatan hypnosis..semoga bermanfaat..

Minggu, 01 April 2012

Mitos & Fakta tentang Hypnosis

Hai para pembaca yang budiman..disini saya akan menjelaskan beberapa mitos dan fakta seputar hypnosis..hal ini sangat penting, karena banyak terjadi persepsi yang salah berdar di masyarakat awam tentang hypnosis..berikut ini adalah beberapa mitos dan fakta tentang hypnosis :

Mitos 1 :
Hypnosis bisa memaksa seseorang melakukan sesuatu yang merugikan atau berbahaya bagi dirinya ataupun orang lain..
Fakta :
Seseorang hanya akan bisa dihypnosis apabila dia secara pribadi bersedia mengikuti instruksi atau arahan dari seorang ahli yang hendak melakukan hypnosis..meskipun demikian, dalam kondisi hypnosis seseorang tetap tidak akan kehilangan kendali atas pikirannya sendiri. jika sugesti yang diberikan merupakan hal yang tidak dimengerti atau tidak disukai, pikiran bawah sadar akan tetap menolaknya..termasuk juga sugesti yang bertentangan dengan keyakinan dan nilai dasar yg dianut oleh seseorang, maka sugesti itu akan ditolak. misalnya, Anda diberi sugesti untuk membenci nabi yg Anda yakini benar, maka sugesti ini tidak berpengaruh kepada Anda.

Mitos 2 :
Hypnosis menggunakan kekuatan supranatural tertentu yang bisa mempengaruhi atau mengendalikan pikiran orang lain..
Fakta :
Seorang ahli hypnosis tidak menggunakan kekuatan supranatural, gaib, mistik, jin, dsb. hypnosis menggunakan kekuatan sugesti atau pengaruh kata-kata yang disampaikan dengan teknik khusus. seseorang hanya bisa terhypnosis jika memahami bahasa dari orang yang menghypnosis. Sugesti disampaikan melalui kata-kata, dan kata-kata tersebut harus dipahami oleh orang yang dihypnosis.

Mitos 3 :
Orang yang dihypnosis tidak bisa bangun kembali dari kondisi hypnosis
Fakta :
Harus ditegaskan bahwa hypnosis adalah suatu praktek yg sangat aman bagi siapapun. sepanjang sejarah hypnosis, belum pernah terjadi seorang dihypnosis kemudian tidak bisa bangun kembali dari kondisi hypnosis..Terkadang orang yang sedang berada dalam trance hypnosis memang tidak bersedia dibangunkan, karena pada saat itu dia menikmati kondisi hypnosis yang dirasakannya sangat nyaman dan damai. Walaupun demikan, seorang subjek pada akhirnya akan bangun dengan sendirinya setelah merasa puas merasakan pengalaman damai tersebut. Dalam kondisi hypnosis, seseorang juga bisa bangun seketika apabila dirinya merasa sedang dalam keadaan terancam bahaya.

Mitos 4 :
Dalam kondisi hypnosis, seseorang tidak bisa berbohong..
Fakta :
Perlu ditegaskan, bahwa dalam kodisi hypnosis seseorang tetap bisa berbohong. Bahkan bisa mungkin akan lebih menjadi pandai berbohong. hal itu dikarenakan kemampuan untuk imajinasi dan mengarang cerita akan semakin hebat ketika seseorang sedang berada dalam kondisi hypnosis. Oleh karena itu, dalam aplikasi forensik, hypnosis tidak digunakan untuk mendapatkan pengakuan dari seorang pelaku kejahatan, akan tetapi hypnosis berperan mengungkap kejahatan jika diterapkan kepada saksi atau korban. Dalam kondisi hypnosis, saksi atau korban kejahatan bisa menceritakan dengan sangat rinci tentang peristiwa yg dialaminya.

Mitos 5 :
Hypnosis membuat seseorang menjadi lupa ingatan..
Fakta :
Berbagai penelitian membuktikan bahwa hypnosis adalah suatu teknik ketrampilan mental yg relatif aman. Hypnosis tidak menyebabkan seseorang menjadi lupa ingatan. Justru sebaliknya, kondisi hypnosis orang bisa belajar atau menghapal dengan sangat cepat. Kita juga bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi kita melalui hypnosis.Miskonsepsi tentang hypnosis bisa menyebabkan lupa ingatan ini mungkin berasal dari tontonan stage hypnosis (hypnosis untuk hiburan) yang banyak beredar di TV, dimana seseorang bisa melupakan nama sendiri atau sebuah angka. Namun kelupaan ini hanya sementara. Setelah beberapa jam, ingatan akan kembali seperti semula.

Mitos 6 :
Kondisi hypnosis adalah kondisi tidur..
Fakta :
Hypnosis bukanlah kondisi yang sama dengan seorang yang sedang tidur, bukan pula kondisi pingsan. Walaupun memang ada kemiripan antara orang tidur dengan orang yg sedang dalam kondisi hypnosis, tetapi dalam kondis hypnosis seseorang tetap bisa mendengar semua suara di sekitarnya. Bahkan, kemampuan untuk mendengar dalam kondisi hypnosis akan jauh lebih sempurna dibanding dalam kondisi biasa, karena dalam kondisi hypnosis seseorang tidak hanya mendengar dengan panca indera, tetapi juga dengan pikiran bawah sadarnya..

Mitos 7 :
Hypnosis itu sesat dan berbahaya, oleh karena itu harus dihindari..
Fakta :
Sebenarnya hypnosis adalah fenomena alamiah yang sudah kita alami sehari-hari tanpa kita sadari. Ketika Anda sedang membawa mobil dan tersesat karena sedang memikirkan hal lain, atau ketika Anda sedang membaca buku atau menonton film yang menarik sehingga Anda terbawa ke dalam alur ceritanya. Bahkan, ketika seorang ibu menidurkan anaknya dengan mengelus kepala atau menepuk-nepuk dengan lembut, sebenarnya tanpa disadari sang ibu tersebut sudah menggunakan teknik hypnosis untuk menidurkan anaknya.

Mitos 8 :
Wanita lebih mudah dihypnosis dan orang yang mudah dihypnosis adalah orang-orang yang lemah secara mental..
Fakta :
Setiap orang memiliki tingkat sugestibilitas yang berbeda-beda dan tidak tergantung pada jenis kelamin. Orang yang mudah terhypnosis biasanya memiliki konsentrasi dan daya imajinasi yang tinggi. Kelebihan ini bisa Anda temukan pada orang-orang yang sudah lama mendalami meditasi, tenaga dalam, seniman, artis, atlet profesional, dll, mereka relatif lebih mudah dihypnosis karena daya imajinasi mereka tinggi dan pikiran mereka juga sudah terlatih. Dalam prakteknya, seorang wanita lebih mudah dihypnosis hanya karena dia lebih mau bekerja sama dibandingkan dengan laki-laki yang kadang merasa egonya terancam kalau membiarkan dirinya terhypnosis..

Mengendalikan Pikiran???

Berikut ini beberapa tips untuk mengendalikan pikiran :

1. Buat PIKIRAN Anda meMIKIRKAN apa yang INGIN dipikirkan..

2. Buat PIKIRAN Anda berPIKIR saat Anda menginginkannya berpikir dan BERHENTI berpikir saat Anda menginginkannya berhenti..

3. Menjadi PENGAMAT dari PIKIRAN yang Anda PIKIRkan..

MEMORY

Refleksi diri

sesuai dengan teori memory yang menjelaskan bahwa informasi yg masuk ke dlm memori melalui 3 tahapan, yaitu sensory register, short-term memory, dan long-term memory. berikut saya akan jelaskan cara belajar saya yg menggunakan konsep dari teori tersebut:

sensory register

pertama saya awali dgn membaca buku. saya pilih topik yang dibahas, lalu saya baca sekilas judul-judul besar yg ada di topik tersebut.

short-term memory

setelah itu, saya mulai membaca isi dari judul-judul tersebut. saya mulai menghapal definisi-definisi yg ada. lalu saya memasukkan informasi tersebut ke dalam short-term memory.

long-term memory

setelah saya hapal definisi-definisi tersebut, saya mencoba memasukkan informasi ke long-term memory. saya menuliskan ulang istilah-istilah yg penting, lalu saya menghubungkan istilah-istilah tersebut dgn membuat anak panah yg menghubungkan antara satu istilah dgn istilah lainnya. hal ini saya lakukan agar informasi tersebut bertahan lama dan masuk ke dalam long-term memory. sehingga, apabila saya ingin me-recall informasi dari memory saya, saya hanya perlu melihat hubungan istilah-istilah tersebut, dan secara otomatis informasi definisi-definisi dari istilah-istilah tersebut akan muncul di dalam pikiran saya.

Cara Penembusan Filter Bawah Sadar

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa digunakan untuk menembus filter Bawah Sadar, yaitu :

1. Repetisi

Repetisi artinya berulang-ulang..sesuatu yang kita lakukan secara berulang-ulang lama kelamaan akan menjadi kebiasaan kita.. misalnya, perilaku merokok,mengendarai mobil/kereta, dll..karena hal itu kita lakukan secara berulang-ulang, maka hal itu akan langsung masuk ke pikiran bawah sadar kita, sehingga hal itu menjadi kebiasaan kita..

2. Identifikasi Kelompok

Bila kita masuk ke dalam suatu kelompok atau lingkungan, maka nilai-nilai dari kelompok atau lingkungan tersebut akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar kita..misalnya, seorang anak yang bergaul di lingkungan premanisme..maka secara tidak sadar nilai-nilai dari lingkungan tersebut akan masuk ke bawah sadar anak itu, sehingga membuat perilakunya menjadi perilaku premanisme..

3. Informasi atau Ide dari Figur Otoritas

Perkataan, informasi, atau ide-ide dari orang yang dianggap figur otoritas akan langsung masuk ke dalam bawah sadar kita..contoh dari figur otoritas misalnya : pemuka agama, motivator, orang tua, idola, dll..sehingga informasi yang kita dapat dari figur2 yang dianggap otoritas akan langsung masuk ke bawah sadar kita..itulah mengapa banyak orang yang terpengaruh dengan kata-kata dari motivator, sehingga mereka menjadi lebih termotivasi dalam menjalani kehidupannya..

4. Emosi yang Intens

Ketika kita mengalami suatu kejadian, atau mendengarkan sebuah informasi, dimana pada saat yang sama emosi kita bergejolak, maka kejadian,pengalaman,dan informasi tersebut langsung masuk ke pikiran bawah sadar kita..itulah mengapa kita lebih mudah mengingat suatu pengalaman atau informasi yang mengandung memunculkan emosi pada diri kita..

5. Hypnosis

Hypnosis merupakan salah satu cara untuk menembus filter bawah sadar seseorang.. dengan menggunakan hypnosis, kita bisa memasukkan sugesti-sugesti positif ke dalam pikiran bawah sadar seseorang, sehingga sugesti2 tersebut dapat dengan mudah diterima oleh pikiran bawah sadar seseorang..salah satu jenis hypnosis untuk mengatasi masalah2 mental disebut dengan hypnotherapy..

OPERANT CONDITIONING


REFLEKSI DIRI

Saya mempunyai beberapa pengalaman di masa lalu saya, dimana pengalaman-pengalaman tersebut merupakan contoh aplikasi dari teori Operant Conditioning. Berikut ini beberapa pengalaman tersebut :

Pertama, saat itu ketika saya duduk di kelas 6 SD. Suatu hari, saya dibelikan sebuah gitar oleh om saya. Ketika itu saya tidak bisa sama sekali bermain gitar. Lalu saya diajari oleh ayah saya. Lama-kelamaan saya sudah mulai bisa bermain gitar. Lalu saya mendapat pujian dari ayah saya, ibu saya, teman-teman saya, dan keluarga saya yang lain. Hal itu membuat saya menjadi lebih percaya diri. Kemampuan saya bermain gitar semakin meningkat. Sejak saat itu saya terus berusaha untuk mengembangkan kemampuan saya dalam bermain gitar. Saya sempat bergabung dalam sebuah band, tampil di beberapa festival band, dan sekarang..saya membuka les gitar di rumah saya, dan saya langsung menjadi gurunya..
Ternyata, setelah mempelajari teori Operant Conditioning, saya baru mengerti bahwa pujian-pujian yang diberikan kepada saya itu adalah merupakan contoh dari Positive Reinforcement.

Kedua, saat itu ketika saya duduk di kelas 3 SD. Pada waktu itu, saya disuruh oleh orang tua saya untuk mengaji di sebuah madrasah di dekat rumah saya, setelah saya pulang sekolah. Tetapi, waktu itu saya tidak mau mengaji. Namun, orang tua saya tetap memaksa saya supaya mau mengaji. Setelah saya pulang sekolah, saya selalu dipaksa dan dimarahi oleh ibu saya supaya saya mau mengaji. Karena dipaksa, terpaksa saya harus menuruti kemauan ibu saya. Pernah suatu waktu, saat saya pulang sekolah..saya tidak mau mengaji, walaupun ibu saya sudah marah-marah, dan akhirnya saya dipukul dengan tali pinggang. Hal itu membuat saya menangis dan terpaksa pergi mengaji karena takut kalau akan dipukul lagi dengan tali pinggang. Sejak saat itu, saya selalu mengaji, karena takut kalau akan dipukul lagi. Lalu lama kelamaan, saya menjadi terbiasa untuk mengaji, dan saya menjadi rajin dan semangat untuk mengaji. Dan tentu saja orang tua saya sangat senang, karena saya menjadi rajin mengaji. Dan untuk seterusnya, saya tidak pernah dimarahi dan dihukum lagi. Dan sampai sekarang, saya baru menyadari betapa pentingnya mengaji, apalagi kalau dimulai pada masa kecil dulu, sehingga ketika dewasa sudah memahami dasar-dasar dari nilai-nilai keagamaan. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada orang tua saya yang menyuruh dan memaksa saya mengaji dulu. Dan setelah saya mempelajari teori Operant Conditioning, saya baru mengerti kalau hukuman dan kemarahan dari ibu saya itu adalah contoh dari Punishment.

Demikianlah pengalaman-pengalaman yang terjadi pada diri saya, yang merupakan contoh aplikasi dari teori Operant Conditioning…